-->

Ahok Melarang Sekolah Negeri Menggunakan Jilbab

Post a Comment
Basuki Tjahaja Purnama melarang sekolah-sekolah negeri memaksa siswinya mengenakan jilbab.
Larangan itu disampaikannya saat memberi pengarahan ke 1.700 kepala sekolah TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan pejabat struktural eselon III serta IV di lingkungan Dinas Pendidikan DKI Jakarta di gedung Yayasan Buddha Tzu Chi PIK (4/6).
Menurut Ahok, larangan itu pernah ia terapkan saat menjadi Bupati Belitung Timur pada 2006. "Tempat saya itu 93% Muslim. Tiba-tiba, semua guru mewajibkan semua muridnya berkerudung. Padahal, kerudung itu kan panggilan iman," ujar Ahok.
"Anda mengimani kalau kerudung itu sebagai sesuatu yang bisa menyelamatkan Anda, ya silakan, tetapi Anda tidak bisa memaksa semua anak pakai kerudung," kata dia.
Ahok juga meminta larangan ini tidak kemudian dihubungkan dengan anggapan bahwa ia anti-terhadap Islam. Karena baginya, jilbab bukan merupakan lambang agama Islam. "Kalau kita mau berdebat, orang Kristen sama Yahudi juga pakai kerudung," ujar Ahok.
"Saya tidak mau berdebat ke masalah Theology, tetapi kalau mengajarkan anak seperti itu, tidak boleh," ujar Ahok. Menurut Ahok, ia melarang sekolah mewajibkan siswinya menggunakan jilbab karena seringkali siswi yang bersangkutan tidak menggunakannya secara serius.
Ia pun mencontohkan pengalamannya saat masih menjadi Bupati Belitung Timur. "(Jilbab) yang dipakainya yang kayak serbet. Malah mungkin lebih bagus serbet di dapur saya," kata Ahok..

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter